Kamis 22 Dec 2016 17:45 WIB

STMIK Nusa Mandiri Dukung Mahasiswanya Menjadi Pemrogram

Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengikuti seminar menjadi programmer.
Foto: Dok BSI
Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengikuti seminar menjadi programmer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa mandiri (STMIK Nusa Mandiri) Jakarta menggelar workshop teknologi informasi yang bertemakan ‘Brighten Your Future With IT’. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula STMIK Nusa Mandiri kampus Salemba 22, Jalan Salemba Tengah No. 22, Jakarta Pusat, Senin (19/12/16).

Seminar yang berlangsung selama tiga jam ini diikuti oleh mahasiswa semester satu STMIK Nusa Mandiri Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI). Seminar menampilkan nara sumber CO-Founder codepolitan.com Muhammad Singgih Zulfikar Ansori ZA.

Singgih menyampaikan pengetahuan dasar yang harus dipahami sebelum menjadi seorang programmer. Misalnya,  mengerti mengenai Z-Generation yang saat ini mulai berkembang. Di mana generasi muda berkisar umur 19 tahun telah terbiasa menggunakan teknologi internet dalam kehidupan sehari-harinya, seperti berkomunikasi, bersosialisasi, hingga menjalin pertemanan melalui internet (media sosial).

Singgih menambahkan, kemajuan teknologi informasi bukan hanya disenangi semata, tetapi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk hal yang positif dan berdaya guna. “Oleh karenanya, bagi seorang programmer,  jangan bosan untuk belajar dan berlatih untuk menghasilkan inovasi pada bidang teknologi informasi yang perkembangannya semakin cepat,” tutur Singgih.

Ia juga menjelaskan mengenai bahasa pemrograman yang saat ini sedang berkembang, seperti mobile computing dan web programming. Juga, tips untuk memilih bahasa pemrograman yang harus dikuasai sebelum memulai menjadi seorang programmer.

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Konsorsium Prodi TI STMIK Nusa Mandiri, Sidik   mengatakan, workshop tersebut sebagai salah satu sarana memberikan wawasan dasar kepada mahasiswa semester satu mengenai tren teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang hingga yang akan mengalami perkembangan pada masa mendatang.

“Selain itu, workshop ini juga sebagai salah satu dukungan kampus STMIK Nusa Mandiri untuk meningkatkan kompetensi mahasiswanya, terutama di  bidang teknologi informasi. Sehingga,  mahasiswa STMIK Nusa Mandiri dapat berinovasi dan menghasilkan karya dalam  bidang teknologi informasi,”  kata Sidik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement