Sabtu 17 Dec 2016 20:48 WIB

Gempa Papua Nugini tak Berpotensi Picu Tsunami di Pantai Indonesia

Rep: Qommarria Rostanti, Amri Amrullah/ Red: Reiny Dwinanda
Port Moresby, Papua Nugini.
Foto: ABC
Port Moresby, Papua Nugini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Papua Nugini, Sabtu (17/12) pukul 17.51 WIB. Episentrum gempa berada di 4,61 lintang selatan dan 153,41 bujur timur pada kedalaman 117 kilometer di laut. Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengabarkan gempa bumi tersebut berpotensi menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa, yaitu di Rabaul, Papua Nugini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia juga mengeluarkan peringatan yang sama. Berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis BMKG, gempa bumi tersebut menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempa. "Namun, tidak berdampak hingga wilayah Indonesia," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Sabtu (17/12).

Terkait gempa di Papua Nugini, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat di kawasan pesisir pantai Indonesia tetap tenang. "Masyarakat dihimbau tenang. Indonesia aman," ujar Sutopo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement