Kamis 15 Dec 2016 15:00 WIB

Bandara Adisutjipto Tambah Penerbangan Antisipasi Lonjakan Penumpang

Rep: neni ridarineni/ Red: Ani Nursalikah
Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta
Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 PT Angkasa Pura I khususnya pengelola Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan menambah dua sampai tiga penerbangan tambahan, yakni NAM Air dan Citilink.

"Penambahan penerbangan tersebut beroperasi sejak 9 Desember 2016 sampai 8 Januari 2017," kata General Manager Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama pada jumpa pers persiapan Natal dan Tahun Baru di Hotel Pesonna Malioboro Yogyakarta, Kamis (15/12).

Untuk Citilink tambahannya dalam sepekan sebanyak empat kali. Sedangkan NAM Air setiap hari.

Menurut dia, jumlah penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto mencapai 20-21 ribu per hari, dengan 152 penerbangan. Akhir tahun ini diprediksi ada kenaikan sekitar 10-12 persen. Namun apabila dibandingkan Natal dan Tahun Baru yang lalu, kenaikan jumlah penumpang hanya sekitar dua persen karena keterbatasan fasilitas.

Pandu mengatakan kapasitas ruang tunggu di Bandara Adisutjipto hanya 800 tempat duduk di Terminal A, sedangkan di Terminal B hanya 300 tempat duduk. "Kalau terjadi penumpukan penumpang domestik bisa dialirkan ke ruang tunggu internasional di Terminal B yang terdapat 267 tempat duduk dan di Terminal A di eks ruang tunggu internasional yang menampung 100-200 tempat duduk," ujarnya.

Pandu mengungkapkan penumpang mancanegara yang terbanyak berasal dari Singapura dan Malaysia. Sedangkan penumpang dalam negeri yang terbanyak berasal dari Jakarta, Palembang dan Pontianak.

Lahan arkir kendaraan umum bisa menampung 600 kendaraan. Untuk cadangannya bila parkiran sudah penuh, akan dialihkan ke lapangan bola sehingga secara keseluruhan bisa menampung sekitar 1.000 kendaraan.

"Kami juga sudah koordinasi dengan Polres apabila terjadi kemacetan di rel kereta api dekat banda untuk kendaran yang masuk akan menggunakan jalur di pintu masuk akademi angkatan udara. Jumlah personel yang disiapkan ditambah sekitar 54 personil yang terdiri dari TNI AU, Basarnas, Detasemen Paskhas, Kesehatan, maskapai dan ground handling,’’ jelas dia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I  (AP I) Danang Baskoro mengatakan PT Angkasa Pura I juga membuka Posko Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di 13 bandara, termasuk Bandara Adisutjipto. Posko tersebut beroperasi selama 22 hari, yakni mulai 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement