Selasa 13 Dec 2016 17:18 WIB

Cina Berikan Bantuan 1 Juta Dolar AS untuk Korban Gempa Aceh

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah
Dubes Cina Xie Feng menyerahkan bantuan untuk gempa Aceh,  Selasa (13/13).
Foto: Dyah Ratna Meta Novia/Republika
Dubes Cina Xie Feng menyerahkan bantuan untuk gempa Aceh, Selasa (13/13).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Cina untuk Indonesia Xie Feng mengatakan, pemerintah dan rakyat Cina turut prihatin atas gempa yang menimpa masyarakat Aceh. Gempa di Aceh merenggut banyak korban jiwa, menimbulkan kerusakan, serta kerugian harta masyarakat Aceh.

"Sebagai bentuk keprihatiannya Pemerintah Cina juga memberikan bantuan kepada korban gempa Aceh senilai satu juta dolar AS. Dana tersebut diberikan cash kepada Pemerintah Indonesia, bukan PMI," katanya di Jakarta, Selasa, (13/12).

Dana tersebut, ujar Xie, bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja bagi rakyat Aceh yang terkena gempa. Termasuk digunakan untuk membangun rumah-rumah baru korban gempa Aceh. "Kami memberikan dana satu juta dolar AS dalam bentuk cash. Dengan dana cash maka bisa segera digunakan untuk kebutuhan korban gempa Aceh secara lebih mudah," katanya.

Xie yakin korban gempa Aceh akan segera pulih. Mereka akan segera membangun rumah-rumah mereka yang hancur kembali.

Dia mengatakan Cina selalu berharap hubungan baik antara Cina dan Indonesia selalu dijaga dan berjalan baik. Selama ini Indonesia merupakan tetangga yang baik dan persahabatan antara keduanya berlangsung sejak lama.

Indonesia juga membantu Cina saat rakyat Cina mengalami bencana. "Kami juga sangat tersentuh dengan bantuan yang diberikan oleh Indonesia." Indonesia dan Cina akan selalu saling membantu. Hubungan baik antara kedua negara akan selalu dijaga dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement