Senin 12 Dec 2016 20:34 WIB

Hadiri Aksi 1212, Anies tak Khawatir Diafiliasikan dengan Gerakan Apapun

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (dua dari kanan) dan wakilnya Sandiaga Uno (ketiga dari kanan) mengikuti shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta.
Foto: singgih wiryono
Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (dua dari kanan) dan wakilnya Sandiaga Uno (ketiga dari kanan) mengikuti shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak khawatir diafiliasikan dengan gerakan apapun karena ikut melaksanakan shalat Subuh berjamaah nasional bertepatan dengan Maulid Nabi yang dikenal dengan aksi 1212.

"Saya tidak takut terafiliasi apapun. Bahkan saya ingin tegaskan 'isyhadu anna muslimin', saya adalah seorang Muslim dan saya akan menjalankan syariah sesuai kepercayaan saya," ujarnya usai bersosialisasi dengan warga Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (12/12).

Anies yang bersama calon wakil gubernur Sandiaga Uno menjalankan shalat Subuh di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, mengaku secara rutin melaksanakan ibadah Subuh berjamaah, meskipun tidak sering diekspos atau diliput media.

Ia memilih Masjid Sunda Kelapa sebagai tempat melaksanakan shalat Subuh pada Maulid Nabi karena masjid tersebut memiliki sejarah dan kesan tersendiri bagi dirinya. "Masjid Sunda Kelapa adalah tempat musyawarah yang pada akhirnya mencalonkan Anies Baswedan. Proses awal (pencalonan) dimulai saat shalat Subuh hari Jumat, kemudian ada seseorang yang mengusulkan nama saya, lalu akhirnya diproses," kata Anies.

Dalam ibadah shalat Subuh di Masjid Sunda Kelapa, Anies sempat memberi tausiah dengan mengambil tema Masyarakat Berkeadilan untuk Mendorong Kesejahteraan dan Kebahagiaan. "Kalau keadilan itu dihadirkan, bukan hanya Indonesia akan damai tapi juga di seluruh dunia. Mari jaga barisan, kita jaga perdamaian. Insya Allah ikhtiar ini diridhoi oleh Allah," ujar Anies.

Sebelumnya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa-Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) mengajak seluruh umat Muslim menunaikan shalat subuh berjamaah pada Senin 12 Desember 2016 atau yang dikenal dengan aksi "subuh berjamaah nasional 1212".

Aksi shalat Subuh berjamaah ini serentak dilakukan lebih dari 90 lokasi di Indonesia dan dipusatkan di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung. GNPF MUI mengatakan aksi 1212 ini menjadi tonggak persatuan umat Muslim. Aksi ini juga ditujukan untuk memelihara kekompakan dan kekuatan umat muslim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement