Rabu 07 Dec 2016 11:45 WIB

Pemuda Muhammadiyah Sesalkan Pembubaran KKR di Sabuga

Rep: Fuji EP/ Red: Bayu Hermawan
Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Azhar (kanan) memberikan paparan saat diskusi Madrasah Anti Korupsi PP Muhammadiyah di Jakarta, Kamis (25/8).
Foto: Republika/ Wihdan
Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Azhar (kanan) memberikan paparan saat diskusi Madrasah Anti Korupsi PP Muhammadiyah di Jakarta, Kamis (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyesalkan pembubaran Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Sabuga, Bandung beberapa waktu yang lalu. Menurutnya alasan pembubaran karena banyak persyaratan administrasi yang belum dipenuhi, hal tersebut seharusnya bisa diselesaikan dengan baik-baik oleh semua pihak.

"Terutama pihak pemerintah daerah, apalagi kegiatan KKR tersebut kabarnya setiap tahun memang diselenggarakan di tempat itu," katanya kepada Republika.co.id, Rabu (7/12).

Ia menerangkan umat beragama harus terbiasa dan membiasakan diri membangun dialog antar umat beragama. Selain itu, harus terbiasa berperilaku adil dan berkeadilan. Maka pemerintah harus berdiri menegakkan keadilan itu.

"Bagi saya terang Islam, bersikap tegas dan terang terkait dengan kebebasan beribadah dan keimanan orang lain," ujarnya.

Ia menegaskan, Islam tidak pernah memaksakan keimanan seseorang. Maka, pemaksaan dan pembatasan kebebasan beribadah sejatinya adalah bertentangan dengan ajaran Islam itu sendiri. Bahkan Rasullulah melarang umat Islam menyakiti umat lain. Sebab, mereka yang melakukannya kelak akan menjadi musuh Rasullulah di hari akhir.

Dikatakan dia, jangan sampai kebebasan beragama dan beribadah bagi umat beragama terganggu karena ketidakmampuan pemerintah daerah menjadi mediator dialog dengan berbagai pihak terkait pelaksanaan KKR. Kemudian, pihak kepolisian juga harus bersikap terang dan tegas bila ada yang bertindak anarkis dan mengancam maka harus ditindak dengan tegas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement