Kamis 01 Dec 2016 23:02 WIB

Kisah Haru Warnai Long March Peserta Aksi 212 Bekasi-Jakarta

Rep: Kabul Astuti/ Red: Israr Itah
Sejumlah warga tengah memberikan minuman kepada rombongan peserta long march dalam aksi Bela Islam 212 Jilid III.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah warga tengah memberikan minuman kepada rombongan peserta long march dalam aksi Bela Islam 212 Jilid III.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kurang lebih dua ribu massa peserta aksi damai 212 dari Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan aksi long march atau berjalan kaki menuju Monumen Nasional, DKI Jakarta, Kamis (1/12). Beragam kisah haru mewarnai perjalanan para peserta aksi.

Agus Setiawan (36 tahun), salah satu peserta aksi 212 yang turut serta dalam long march tersebut, menjadi saksi beragam kisah mengharukan sepanjang perjalanan Bekasi-Jakarta.

"Alhamdulillah, jadi saksi ukhuwah. Lagi nunggu jalan, tetiba karyawan New Armada Tambun minta izin kasih donasi. Empat trolly dorong dari Naga Swalayan yang isinya minuman," kata Agus Setiawan, kepada Republika.co.id, Kamis (1/12) malam.

Agus bersama 25 orang lain sedang menunggu rombongan para peserta aksi yang berjalan kaki dari Cikarang-Cibitung di depan Naga Swalayan, Jalan Diponegoro, Tambun Selatan. Mereka berangkat dari Kantor Dewan Dakwah Tambun, Kabupaten Bekasi.

Rombongan dari Cikarang-Cibitung tiba di Tambun Selatan sekitar pukul 19.15 WIB. Peserta aksi damai 212 belum mulai berjalan kaki, namun donasi sudah melimpah. Agus mengisahkan, selepas maghrib juga tiba-tiba ada donatur yang menyerahkan beberapa lembar uang Rp 50 ribuan.

Lanjut Agus, ada pula warga yang tiba-tiba menyeberang jalan hanya untuk menyerahkan satu kardus minuman. Selang beberapa saat, ada karyawan parkir motor yang menyisihkan uang tunai untuk peserta aksi. Semua diserahkan kepada koordinator lapangan untuk logistik peserta aksi.

"Masya Allah. Gimana yang dari Ciamis ya? Pantesan banyak kisah-kisah haru di FB (Facebook). Alhamdulillah dapat pengalaman luar biasa," ucap Agus penuh haru.

Peserta aksi yang melakukan long march dari Cikarang, Kabupaten Bekasi diperkirakan akan tiba di Monas pada Jumat (2/12) pukul 02.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement