Rabu 30 Nov 2016 09:55 WIB

Puluhan Ribu Peserta Aksi Nusantara Tumpah Ruah di Lapangan Gasibu

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah
Puluhan ribu peserta aksi Nusantara Bersatu berkumpul di Lapangan Gasibu, Bandung, Rabu (30/11).
Foto: Zuli Istiqomah/Republika
Puluhan ribu peserta aksi Nusantara Bersatu berkumpul di Lapangan Gasibu, Bandung, Rabu (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ribuan warga yang terdiri atas berbagai elemen masyarakat berkumpul di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (30/11). Ribuan peserta ini mengikuti aksi Nusantara Bersatu untuk menyuarakan semangat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, warga mulai dari anak-anak hingga lansia berkumpul menjadi satu. Mereka menggunakan berbagai atribut ke-Indonesiaan. Seperti bBaju putih, kerudung merah, hingga ikat kepala merah putih mewarnai lapangan yang terletak di depan Gedung Sate ini. Peserta aksi terdiri atas pelajar, PNS, TNI, kepolisian, hingga masyarakat biasa.

Aksi Nusantara Bersatu ini tidak memandang ras, suku, atau agama. Semua menjadi satu membawa semangat kesatuan Indonesia dari bumi Jawa Barat.

Aksi yang disebut Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Aher sebagai silaturahmi santai ini diawali dengan pertunjukan musik. Grup musik Koes Plus membuat para peserta bergoyang sambil menjunjung bendera merah putih. Dilanjutkan orasi kebangsaan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Aher menyampaikan kebanggaan menjadi warga negara Indonesia.  Aher mengatakan Indonesia menjadi negara unik yang beragam. Namun tetap menjunjung tinggi kebersamaan.

 

"Indonesia milikku. Indonesia milikmu. Indonesia milik kita bersama. Bhinneka Tunggal Ika, merdeka. Indonesia takdirnya menjadi negara paling unik," kata Aher itu. Acara ini juga dihadiri pejabat pemerintahan, kepolisian, TNI, tokoh agama, dan ormas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement