Jumat 04 Nov 2016 15:59 WIB

Aksi 4 November Berlangsung Tertib tanpa Injak Taman

Pengunjuk rasa memunguti sampah di sepanjang jalan aksi dilakukan, Jumat (4/11). (Republika/Dadang Kurnia)
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Pengunjuk rasa memunguti sampah di sepanjang jalan aksi dilakukan, Jumat (4/11). (Republika/Dadang Kurnia)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi Damai 4 November di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat hingga pukul 14.00 WIB berlangsung tertib, relatif tanpa menginjak taman meski jumlah pesertanya berlimpah.

"Allah menyukai keindahan. Jagalah taman ini tetap indah," demikian imbauan yang tertera di spanduk yang ditempel di taman Jalan Medan Merdeka Barat.

Massa yang terdiri atas ribuan orang bergerak dari Monas dan Patung Arjuna Wijaya menuju Istana Kepresidenan untuk menyampaikan pendapat terkait dugaan Basuki Tjahaja Purnama menistakan agama. Massa berjalan kaki sambil membawa panji-panji, bendera Merah Putih dan bendera berlambang organisasi kemasyarakatan masing-masing seperti Front Pembela Islam dan Himpunan Mahasiswa Islam.

Sebagian demonstran berkeliling menyebarkan bantuan logistik berupa makanan dan minuman kepada massa baik yang berorasi, maupun berjalan menuju Istana. Begitu juga sejumlah mobil pelayanan kesehatan berkeliling mengantisipasi ada yang membutuhkan pertolongan pertama.

Demonstrasi bertema 'Aksi Bela Islam Jilid II' menuntut calon gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), diproses hukum atas dugaan penistaan agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement