Jumat 04 Nov 2016 15:55 WIB

Media Asing Sebut Demonstrasi Besar Jakarta Dilakukan Kelompok Garis Keras

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Massa memadati kawasan Masjid Istiqlal untuk melaksanakan sholat jumat jelang pelaksanaan aksi 4 November di Jakarta, Jumat (4/11)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Massa memadati kawasan Masjid Istiqlal untuk melaksanakan sholat jumat jelang pelaksanaan aksi 4 November di Jakarta, Jumat (4/11)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sejumlah media asing menyoroti aksi demonstrasi yang digelar di Jakarta, Jumat (4/11). Beberapa kantor media meyebut demonstrasi digelar oleh kelompok garis keras. 

Reuters dalam artikelnya menulis judul "Tens of thousands of Muslims march in Indonesia against city governor." Di awal kalimat mereka menggunakan  kalimat 'Tens of thousands of hardline Muslim"

Reuters mengungkapkan salah satu tuntutan demonstran adalah meminta Gubernur Ahok segera mengundurkan diri dari jabatannya karena telah menghina Alquran yang merupakan kita suci umat Islam.

Situasi di Jakarta saat ini disebut cukup tegang. Sejumlah perusahaan tidak buka hari ini. Mereka meminta para pekerjanya bekerja dari rumah saja.

Sementara IB Times membuat judul sangat provokatif. Mereka menggambarkan bagaimana protes kelompok garis keras Islam melawan gubernur Katolik. "Security forcess deployed in Jakarta in preparataion for hard line Islamic protest against Catholic Governor."

Media Inggris the Independent juga menggunakan Islam garis keras dalam judulnya. "Hardline Muslims call for arrest of Christian governor of Jakarta for alleged blasphemy."

Lihat juga, Ribuan Jamaah Memadati Masjid Istiqlal.

Media AS CNN juga menulis tentang demonstrasi besar di Jakarta. CNN menulis judul 'Thousand rally in Jakarta over governor's alleged Blasphemy." Dalam kalimat awalnya, CNN menggambarkan keinginan demonstran yang menuntut agar Ahok turun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement