Kamis 03 Nov 2016 18:55 WIB

Ratusan Pendemo Asal Sumsel dan Makassar Tiba di Masjid Jami Matraman

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Peserta demo 4 November yang berasal luar daerah sedang membaca Alquran di salah satu masjid di Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Peserta demo 4 November yang berasal luar daerah sedang membaca Alquran di salah satu masjid di Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 400-an orang peserta demo 4 November asal Palembang dan Makassar telah tiba di Ibu Kota Jakarta. Mereka akan menginap di Masjid Jami Matraman, Jl Amir Hamzah, Jakarta Pusat, selama beberapa hari hingga aksi demo besar-besaran usai.

Pengurus Masjid Jami Matraman, Alif Juniar, mengatakan pada Kamis (3/11) bahwa secara bertahap 10 bus asal Palembang yang membawa rombongan pendemo diturunkan di Masjid Jami Matraman. Menurutnya, peserta demo yang akan menginap di Masjid Jami Matraman sudah mendapatkan izin dari Ketua Takmir Masjid.

"Kita sudah mendapat informasi bahwa masjid-masjid besar siap menampung saudara saudara Muslim dari daerah yang akan ikut berdemo besok. Dan di Masjid Jami Matraman ini salah satunya," ujar Alif yang juga menjabat Ketua RW setempat.

Ia mengungkapkan rencananya akan ada lebih banyak lagi massa aksi yang akan datang untuk menginap di Masjid Jami Matraman. Total diperkirakan akan ada 1.000-an orang yang akan datang hingga nanti malam. Kapasitas Masjid Jami Matraman sendiri sekitar 2.000 orang.

Namun, jelas dia, tidak semuanya akan menginap di Masjid Jami Matraman. Mereka akan disebar ke beberapa Mushalla yang dekat berada di Masjid Jami Matraman. Untuk memfasilitasi kebutuhan, masjid telah mendirikan dapur umum di komplek area masjid. Sedangkan untuk MCK (Mandi Cuci Kakus), pengurus masjid sudah mendapat izin dari beberapa lokasi di sekitaran masjid termasuk 20-an mushalla dan pos-pos RW yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement