Ahad 23 Oct 2016 06:38 WIB

Pilkada Enam Kabupaten di Papua Gunakan Sistem Noken

Pilkada Papua (Ilustrasi)
Foto: utuhdaedini
Pilkada Papua (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sebanyak enam kabupaten dari 11 kabupaten/kota di Papua yang melaksanakan Pilkada tahun 2017 menggunakan sistem noken.  "Enam kabupaten yang menggunakan sistem noken yaitu Kabupaten Puncak Jaya, Intan Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga dan Kabupaten Dogiay," kata Ketua KPU Papua Adam Arisoy, Ahad (23/10).

Namun ada kabupaten yang tidak seluruh TPS-nya menggunakan sistem noken dan tetap memakai sistem langsung yakni pemilih langsung mendatangi dan menyalurkan suaranya ke TPS. "Di Kabupaten Puncak Jaya tercatat delapan TPS yang ada di Distrik Mulia tidak menggunakan sistem noken, ada yang menggunakan sistem ikat," katanya.

Penggunaan sistem tersebut masih menunggu mekanisme untuk dibuat regulasinya sehingga dapat digunakan dalam pilkada 2017. "KPU sudah memetakan kawasan mana yang akan menggunakan sistem noken, ikat atau pencoblosan langsung," kata Arisoy.

Adam Arisoy mengatakan, tercatat 11 kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada di Papua yakni Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Mappi, Kepulauan Yapen, Nduga, Tolikara, Dogiay, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Intan Jaya dan Kabupaten Sarmi.

"Pencoblosan akan dilakukan serentak tanggal 15 Pebruari 2017," kata Ketua KPU Papua Adam Arisoy.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement