Kamis 13 Oct 2016 21:15 WIB

Waspadai Gelombang Tinggi di Pesisir Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil
Gelombang pasang. Ilustrasi
Foto: Antara
Gelombang pasang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi gelombang tinggi akan terjadi di wilayah pesisir Lampung, dua hari ke depan. Dua daerah yang perlu diwaspadai yakni Kabupaten Pesawaran dan Pesisir Barat.

Kepala BMKG Maritim Lampung, Sugiyono mengatakan, cuaca ekstrem disertai angin kencang akan terjadi di wilayah pesisir Lampung yakni di Kabupaten Pesawaran dan Pesisir Barat. “Cuaca di pesisir diprediksi (beberapa hari ke depan) memburuk,” katanya, Kamis (13/10).

BMKG memprediksi dalam tiga hari ke depan akan terjadi hujan lebat, angin kencang yang menyebabkan gelombang tinggi. Kepada warga dan nelayan, untuk mewaspadai cuaca ekstrem beberapa hari ke depan.

Gelombang laut tinggi akan terjadi di Selat Sunda bagian Selatan dan kawasan pesisir Lampung dengan tinggi gelombang mencapai empat meter. Kecepatan angin mencapai 30 knot, sedangkan kecepatan normal hanya 8 knot hingga  12 knot.

Data BMKG Lampung menyebutkan, gelombang tinggi akna terjadi di Pesisir Barat kawasan Krui dengan kisaran 1,8- 2 meter, kawasan pesisir Pesawaran mencapai 1,7 meter dengan kecepatan angin 20 knot atau 38 kilometer perjam. Di pesisir Lampung Selatan 0,8-1,2 meter. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement