Sabtu 08 Oct 2016 22:14 WIB

Menko PMK: Perkenalkan Keragaman Indonesia Melalui TAFISA 2016

Pembukaan Tafisa Games 2016
Foto: istimewa
Pembukaan Tafisa Games 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani malam ini mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membuka event olahraga TAFISA (The Association For International Sport for All) World Games 2016 di Ancol, Jakarta Utara. Sebagai ketua panitia nasional sekaligus ketua pengarah acara, Menko PMK menyampaikan laporan terkait penyelenggaraan Tafisa 2016.

Dalam laporannya, Menko PMK mengungkapkan bahwa Indonesia ditunjuk sebagai Tuan Rumah Penyelenggara The 6th TAFISA World Sport For All Games 2016 berdasarkan keputusan The General Assembly dalam TAFISA World Congress ke-22 pada 11 November 2011 di Antalya, Turki.

TAFISA World Sport For All Games ke-6 tahun 2016 yang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 12 Oktober nanti akan mempertandingkan 86 cabang olahraga dan 58 kegiatan dari 87 Negara dengan total peserta luar negeri sebanyak 1.481 dan dari dalam negeri sebanyak 3.000 orang dari 34 provinsi.

Ajang olahraga internasonal ini akan dilaksanakan disejumlah tempat seperti Sunter, Kemayoran, Bintaro Exchange, Taman Mini Indonesia Indah dan wilayah Ancol sebagai venue utama.

“Dengan mengusung tema “Unity in Diversity” yang bermakna persatuan dalam keberagaman maka melalui pagelaran olahraga dan budaya nusantara serta dunia di TAFISA World Sport For All Games ke-6 tahun 2016 ini sekaligus diperkenalkan sejumlah potensi dan keunggulan seni budaya dan olahraga tradisional, pariwisata serta promosi kuliner dari 34 provinsi di Indonesia”, papar Menko PMK.

TAFISA World Sport For All Games 2016 juga akan dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia (Guinness World Records) permainaan olahraga Egrang yang diikuti oleh 2.600 peserta dan tari Zumba yang diikuti oleh 13.000 peserta.

Selain itu, Panitia juga menjadwalkan kegiatan “Global Forum”, dimana dalam acara ini akan dilakukan deklarasi bersama dari seluruh Negara peserta, termasuk Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, tentang “Gerakan Olahraga dan Gerakan Hidup Sehat” lanjut Menko PMK.

Di akhir laporannya, Menko PMK mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan TAFISA World Sport For All Games 2016 diantaranya yaitu Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata.

Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Sosial, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian BUMN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Badan Intelijen Negara (BIN), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol, dan kementerian/lembaga terkait lainnya.

TAFISA World Sport For All Games 2016 resmi dibuka dengan pemukulan alat musik tradisional khas Bengkulu oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi oleh Menko PMK, Puan Maharani; Menteri pemuda dan olahraga, Imam Nahrowi; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Presiden TAFISA, Profesor Ju-Ho Chang dan Ketua Pelaksana TAFISA Games, Haryono Isman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement