Sabtu 01 Oct 2016 01:56 WIB

Papua Butuh Rp 15 Triliun Bangun Fasilitas PON XX

Gubernur Papua Lukas Enembe
Foto: Antara
Gubernur Papua Lukas Enembe

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan Papua membutuhkan dana sekitar Rp 15 triliun untuk membangun fasilitas PON XX yang akan diselenggarakan di Papua. "Dana sebesar itu diperuntukkan membangun berbagai fasilitas keolahragaan di berbagai daerah," kata Gubernur Enembe di Bandung, Jumat (30/9).

Dia mengatakan, untuk menghimpun dana sebesar itu selain berasal dari dana bantuan pemerintah pusat juga peran serta pihak swasta. Saat ini fasilitas keolahragaan yang sudah dibangun terdapat di Timika. Sedangkan lainnya dalam tahap persiapan.

Pemerintah kabupaten dan kota diharapkan turut berperan aktif dalam membangun fasilitas olah raga di wilayahnya sehingga tidak membebankan propinsi. "Papua sudah resmi menjadi tuan rumah PON 2020 mendatang sehingga berbagai persiapan harus segera disiapkan," kata Enembe.

Dia mengatakan Gubernur Jawa Barat Achmad Heriawan mengaku Jabar mempersiapkan diri selama empat tahun. Adapun yang dipersiapkan tidak saja fasilitas keolahragaan tetapi juga atletnya sehingga Jabar menjadi juara umum PON XIX.

Gubernur mengatakan, pengalaman dari Jabar itu yang akan dilakukan Papua. Sehingga tidak saja sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi. "Butuh kerja keras dan kerja sama semua pihak untuk mewujudkan Papua sukses sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020 mendatang," kata Enembe.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement