Selasa 27 Sep 2016 18:13 WIB

Begini Cara KPU DKI Sosialisasikan Pilkada ke Pemilih Pemula

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ilham
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno (kiri).
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta saat ini terus menggelar sejumlah persiapan guna menghadapi perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Salah satunya adalah melakukan sosialisasi Pilkada kepada kaum pemilih pemula.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno menuturkan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan instansinya untuk membangun kesadaran politik di kalangan pemilih muda tersebut. "Programnya kami kemas dalam ragam bentuk kegiatan yang bersifat fun (menyenangkan). Mulai dari lomba paduan suara, kelompok diskusi, dan election camp (kemping pemilu)," ujarnya kepada Republika.co.id, Selasa (27/9).

Dia mengatakan, lomba vocal group yang mengusung jingle Pilkada 2017 untuk tingkat SMA se-Jakarta telah digelar oleh KPU DKI sejak bulan lalu. Saat ini, kompetisi paduan suara tersebut sudah memasuki tahap final. "Pada 30 September ini, para finalis dari enam kabupaten kota di DKI akan kembali berlomba di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat," ucap Sumarno.

Sementara, untuk program kelompok diskusi dan kemping pemilu, KPU DKI berjanji akan segera melaksanakannya dalam waktu dekat. Dalam kegiatan kemping pemilu nanti, kata Sumarno, para peserta bakal disajikan berbagai permainan (game) yang menarik dan menyenangkan.

Dia mengharapkan seluruh program tersebut bisa menjadi sarana pengenalan politik yang efektif bagi kalangan pemilih pemula di Jakarta. "Kami ingin mereka tidak apolitis terhadap Pilkada, dan menyadari betapa pentingnya partisipasi politik masyarakat dalam menentukan nasib Jakarta untuk lima tahun mendatang," tuturnya.

Sumarno menambahkan, KPU DKI juga akan menggalang kerja sama dengan sejumlah media untuk melakukan sosialisasi Pilkada kepada kalangan pemilih pemula di Ibu Kota. "Setelah proses pencalonan di KPU rampung, kami akan gencarkan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus selama empat bulan ke depan."

‪Berdasarkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diperoleh KPU dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI, total pemilih di Jakarta pada Pilkada 2017 diperkirakan mencapai 7.439.149 orang. Dari angka tersebut, jumlah pemilih pemula tercatat sebanyak 387.071 orang. Sementara, jumlah pemilih yang berusia di bawah 17 tahun tapi telah menikah sebanyak 157 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement