Senin 26 Sep 2016 15:19 WIB

Jokowi Bakal Resmikan Sekolah Pilot Pertama di Papua

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pilot sedang memeriksa pesawat
Foto: storyeo.com
Pilot sedang memeriksa pesawat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan sekolah pilot pertama di Provinsi Papua. Staf Khusus Presiden bidang Urusan Papua Lenis Kogoya mengatakan Presiden rencananya akan meresmikan sekolah tersebut pada pekan kedua Oktober mendatang.

Lenis mengatakan sekolah pilot yang berlokasi di Kota Biak, Papua itu didirikan oleh swasta. Selanjutnya, sekolah akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Adat.

"Intinya Presiden ingin masyarakat Papua tak hanya jadi penonton, tapi juga bisa membangun daerahnya lewat dunia penerbangan," ujar Lenis, usai menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/9).

Menurut Lenis, sudah ada sekitar 30 anak Papua pilihan yang akan menuntut ilmu di sekolah pilot tersebut. Sebagian dari mereka saat ini tengah belajar di sekolah pilot di Cirebon. Setelah sekolah pilot pertama di Papua resmi beroperasi, maka semua aktivitas belajar di Sekolah Penerbangan Cirebon akan dipindahkan ke Biak.

"Sudah ada sembilan pesawat yang siap dipindahkan ke Sekolah Pilot Biak," kata Lenis.

Menurut dia, target utama dibangunnya sekolah pilot tersebut yakni untuk menjawab kebutuhan transportasi di Papua. Sebab, banyak distrik di Papua dan Papua Darat yang aksesnya sangat sulit sehingga hanya dapat diakses dengan pesawat ukuran kecil.

"Papua ini kan kontur alamnya gunung-gunung, anak-anak ini nanti akan langsung latihan dengan medan yang seperti itu," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement