Rabu 21 Sep 2016 21:10 WIB

Atasi Longsor, Pemkab Sumedang Siap Kucurkan Dana Darurat

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolanda
Sejumlah polwan menghibur anak-anak di tempat pengungsian korban longsor, di GOR Tadjimalela, Kabupaten Sumedang, Rabu (21/9)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Sejumlah polwan menghibur anak-anak di tempat pengungsian korban longsor, di GOR Tadjimalela, Kabupaten Sumedang, Rabu (21/9)

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG- Bupati Sumedang Eka Kurniawan mengungkapkan pihaknya menyiapkan biaya tak terduga sebesar Rp 1,2 miliar untuk korban longsor di Kabupaten Sumedang. Namun, proses pencairan akan dilakukan sesuai dengan prosedur sehingga sesuai peruntukan dan kebutuhannya. 

"Kita punya biaya tak terduga sekitar Rp 1,2 miliar lebih, (pencairan) melalui prosedur supaya pemanfaatannya bisa sesuai peruntukan," ujarnya kepada wartawan di GOR Tejamalela, Rabu (21/9).

Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan dapur umum, makanan dan MCK. Ini untuk memenuhi kebutuhan pengungsi di GOR yang mencapai lebih dari 460 orang. Selain itu, pemkab juga menyiapkan 1,5 ton beras untuk beberapa hari ke depan. 

Ia menuturkan, para pengungsi berada di tempat pengungsian tergantung kondisi lapangan. Diharapkan tidak terjadi longsor susulan sekaligus mencari solusi yang lain. 

"Di lapangan sekarang sedang berjalan proses pengalihan urukan longsoran tadi. Laju lalu lintas Kembali normal tapi tetap waspada karena potensi longsor tetap ada," katanya. 

Terkait relokasi, dirinya mengatakan perlu diteliti terlebih dahulu berapa jumlah yang perlu direlokasi dan akan Dikemanakan. "Masyarakat harus lebih berhati hati. Untuk yang korban Meninggal dipikirkan untuk santunan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement