Selasa 20 Sep 2016 01:00 WIB

Sungai Pepe Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru Solo

Rep: Adrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kali Pepe.
Foto: tataruangpertanahan.com
Kali Pepe.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Sungai Pepe dinilai bakal menjadi destinasi wisata terpopuler di Surakarta. Sungai yang memiliki panjang sekitar 61 kilometer itu akan ditata ualang dan dijadikan destinasi wisata baru.

Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan pembenahan dan pembangunan untuk menjadikan sungai Pepe sebagai destinasi air pertama di Solo tengah dikerjakan. “Dari Banyuanyar sampai Tirtonadi lalu Kali Demangan semua sedang prosesnya berlangsung. Ini membutuhkan tiga tahun anggaran, dibangun juga bendungan karet yang bisa menampung air sekitar 2 juta meter kubik,” tutur Rudyatmo di Balai Kota Surakarta pada Senin (19/9) siang.

Ia mengungkapkan setelah dibersihkan air di Sungai Pepe selain dapat dimanfaatkan untuk objek wisata juga dapat digunakan warga untuk kebutuhan pasokan air olahan sehari-hari. Lebih lanjut kata dia wisatawan nantinya dapat menyusuri sungai pepe dengan menggunakan perahu sebagai alat transportasi air.

“Jalurnya dari Tirtonadi sampai Demangan, jadi kalau mau ke Pasar Gede atau ke Balapan bisa berlabuh juga, itu rencana yang akan kita wujudkan,” tuturnya.

 

Dalam waktu dekat Pemkot Surakarta bersama Dinas Kebersihan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta Masyarakat akan melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang aliran sungai tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement