Selasa 30 Aug 2016 22:36 WIB

BLH: Spesies Hewan di Bangka Tengah Mulai Punah

Burung (ILustrasi)
Foto: Google
Burung (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ali Imron mengatakan, spesies hewan di daerah itu mulai punah karena habitatnya terganggu.

"Spesies hewan atau fauna sudah mulai punah karena habitat mereka terganggu atau mulai rusak," katanya di Koba, Selasa (30/8).

Ia menjelaskan, punahnya fauna di daerah itu bukan karena diburu manusia tetapi hutan sebagai tempat mereka berdiam dan bernaung sudah banyak yang rusak. "Hewan ini baik jenis burung maupun hewan melata banyak yang pindah ke kawasan hutan lain dan ada juga yang tidak bisa berkembang biak karena rumahnya terganggu," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi kerusakan hutan dan kepunahan hewan maka dilakukan penanaman pohon secara rutin di beberapa titik yang dianggap kritis. "Intinya kami mengajak berbagai pihak untuk menjaga hutan dan bumi untuk kelangsungan kehidupan makhluk hidup ke depan," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah sudah memprogramkan penanaman pohon secara rutin minimal empat kali dalam setahun melibatkan berbagai komponen. "Namun secara rutin setiap minggu bupati mengajak para pegawai negeri membudayakan menanam pohon untuk menyelamatkan bumi dari kegersangan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement