Jumat 19 Aug 2016 12:47 WIB

Awas! Penipuan Mengaku Kerabat Wali Kota Airin

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi - Penipuan
Ilustrasi - Penipuan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nampaknya harus berhati-hati dengan orang yang mengaku kerabat dekat Wali Kota Airin Rachmi Diany. Seorang pria yang diketahui warga Serpong, Tangsel baru saja ditangkap karena modus tersebut.

Pelaku berinisial MA ditangkap di sebuah warung di Kompleks Batan, Tangsel. Menurut Kepala Bagian Humas Polres Tangsel AKP Mansuri, MA ditangkap karena korbannya melaporkan dia ke polisi dengan modus menjanjikan pekerjaan sebagai PNS di Pemerintah Kota Tangsel kepada korban, asalkan mau membayar sejumlah uang.

"Dengan iming-iming akan diberikan pekerjaan sebagai PNS, lalu pelaku meminta uang sebesar Rp 25 juta kepada korban," katanya, Jumat (19/8).

Karena terus diperdaya oleh pelaku, korban akhirnya menyerahkan uang awal sebesar Rp 15 juta kepada pelaku dengan bukti kwitansi yang ditanda tangani keduanya. Selanjutnya, kata Mansuri, kembali meminta sisa uang yang harus dibayarkan oleh korban. Korban yang berinisial DS pun kembali menyerahkan uangnya sebanyak Rp 5 juta kepada MA.

"Total korban sudah membayar uang sebanyak Rp 21,5 juta kepada pelaku. Korban yang tak kunjung bekerja akhirnya curiga, dan melaporkan kasus ini ke polisi," ujar AKP Mansuri.

Kemudian meneruskan laporan korban, Tim Unit Jatanras Polres Tangsel langsung bergerak dan menangkap pelaku berikut barang bukti kwitansi serta foto bukti transfer uang puluhan juta ke rekening pelaku. AKP Mansuri mengatakan pelaku hanya mengaku-ngaku saja sebagai orang dekat Airin untuk memuluskan operasi penipuannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement