Jumat 19 Aug 2016 08:40 WIB

Pengganti Arcandra Disarankan dari Kalangan Profesional

Red: Ilham
Kursi Menteri ESDM kosong (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Kursi Menteri ESDM kosong (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara menyarankan Presiden Joko Widodo agar jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dipegang oleh yang bukan dari kalangan partai politi. Ia menyarankan pengganti Archandra Tahar itu diambil dari kalangan profesional.

"Sebaiknya Menteri ESDM yang menggantikan Archandra Tahar adalah orang yang profesional, nonpartisan terhadap kelompok apapun, dan juga bukan dari Partai Politik," kata Igor.

Direktur SPIN (Survey & Polling Indonesia) itu beralasan, menteri dari parpol berpotensi membuat gaduh dan terjadi perdebatan politik yang panjang. Apalagi, bila Menteri ESDM berasal dari Golkar mengingat saat Pemilu 2014 Golkar tidak berkeringat untuk memenangkan Jokowi.

"Jadi, pasti akan kesulitan untuk meredam marahnya para pendukung Jokowi yang berkeringat waktu itu, tiba-tiba mantan lawan politik itu malah diberikan tempat," kata Igor.

Meskipun sebagai salah satu upaya Jokowi untuk mendapatkan dukungan politik dari Golkar, tapi secara etika politik jelas tidak fair dan tidak adil bagi pihak yang mengawalnya sejak awal.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement