Ahad 14 Aug 2016 17:35 WIB

38 Tokoh Mendapat Anugerah Penghargaan Gerakan Pramuka

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Andi Nur Aminah
Anggota pramuka mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X di Bumi Perkemahaan Cibubur, Jakarta Timur, Ahad (14/8).  (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Anggota pramuka mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X di Bumi Perkemahaan Cibubur, Jakarta Timur, Ahad (14/8). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIBUBUR --  Presiden Joko Widodo memberikan Anugerah Penghargaan Gerakan Pramuka kepada 38 orang yang dianggap berkontribusi besar dalam Gerakan Pramuka. Penghargaan tersebut diberikan di sela pembukaan Jambore Nasional ke-10 tahun 2016, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Ahad (14/8) pagi.

Salah satu penerima anugerah tersebut adalah Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, yang mendapat Anugerah Penghargaan Tertinggi Gerakan Pramuka berupa Lencana Tunas Kencana. Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan anugerah kepada 37 orang lainnya dalam bentuk Lencana Mabida Peduli (3 orang), Lencana Melati (15 orang), Lencana Darma Bakti (5 orang), Lencana Satyawira Madya (8 orang), Lencana Karya Bakti (1 orang), Lencana Pancawarsa Utama (1 orang), Lencana Teladan (4 orang).

Di antara ke-37 orang penerima anugerah tersebut, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Gubernur Banten Rano Karno, dan mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga termasuk di dalamnya.

Acara yang bertemakan "Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, dan Asyik" ini juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan seribu model pesawat ringan (chuck glider) oleh seribu peserta Jambore Nasional. Jokowi mengawalinya dengan melemparkan pesawat ringan masing-masing ke udara untuk kemudian diikuti oleh peserta lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement