Jumat 12 Aug 2016 07:03 WIB

Pemprov DIY tidak Ambil Kuota Impor Daging Kerbau

Kerbau
Foto: .
Kerbau

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak akan mengambil kuota impor daging kerbau yang akan diimpor oleh Kementerian Pertanian sebanyak 10 ribu ton dari India.

Kepala Dinas Pertanian DIY Sasongko mengatakan belum mengetahui surat edaran daging kerbau mau didistribusi ke daerah mana. "Yang jelas, masyarakat DIY ini sedikit sekali yang menghendaki daging kerbau. Kami tidak akan mengambil kuota daging, kami takut tidak ada yang mengkonsumsi," kata Sasongko di Kulon Progo, Jumat (12/8).

Ia mengharapkan Kementerian Pertanian tidak memasukan daging kerbau ke DIY. Kuota daging kerbau untuk DIY, sebaiknya dialokasikan ke daerah lain yang lebih terbiasa mengkonsumsi daging kerbau.

"Masyarakat DIY sudah terbiasa mengkonsumsi daging sapi segar, masyarakat sedikit yang mengkonsumsi daging kerbau. Sebaiknya, tidak usah dimasukkan ke kerbau," katanya.

Selain kurang dikenal masyarakat, Sasongko mengatakan stok sapi potong lokal masih mencukupi. "Populasi sapi hidup di DIY telah mencapai 350 ribu ekor, dan setidaknya, dalam sebulan 80 ribu ekor sapi siap potong," katanya.

Sasongko mengatakan populasi kerbau di DIY sendiri sangat sedikit. Dulu, kerbau dimiliki petani untuk membajak sawak. Seiring modernisasi alat pertanian, kerbau mulai tersingkir dan digantikan traktor.

"Otomatis, masyarakat yang memelihara kerbau tidak banyak. Kami juga tidak pernah melihat tempat pemotongan kerbau di DIY," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement