Selasa 09 Aug 2016 20:42 WIB

Herman Deru Tegaskan Mantap Maju Pilgub Sumsel

Herman Deru
Foto: Antara
Herman Deru

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Mantan bupati Oku Timur Herman Deru tak main-main bertarung dalam Pilgub Sumatra Selatan 2018 mendatang. Ia mengklaim, majunya bukan semata-mata mengejar kekuasaan tapi untuk memajukan Sumsel.

"Saya mengajak dan mengimbau masyarakat Sumatra Selatan bersatu untuk maju," kata Deru dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (9/8).

Makna Bersatu, menurut Deru bahwa saat ini Sumsel termasuk provinsi yang pertumbuhannya baik. Namun persoalan yang muncul adalah soal pemerataan dan konsentrasi pembangunan yang Palembang-centris.

Sumsel terdiri dari berbagai kabupaten kota, suku bangsa, penganut agama berbeda dan utamanya kawasan wilayah yang beragam. "Ada kawasan pesisir, kawasan hutan, kawasan sungai danau dan rawa serta kawasan pertanian. Ini tentu memerlukan strategi pembangunan yang jitu, yang didukung persatuan wilayah dan pemangku kepentingan serta rakyat Sumsel secara keseluruhan," ucap dia.

Sumsel Bersatu menjadi adagium penting untuk menunjukan pembangunan harus merata, kesejahteraan harus selaras, hindari ketimpangan dan munculnya rasa tak diperhatikan. "Persatuan ini akan menjadi landasan bagi langkah gerak pembangunan ke depan, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana pembangunan harus dipijak pada upaya memenuhi kehendak sejahtera rakyat banyak yaitu rakyat Sumsel yang beragam dan bermukim di sebaran provinsi menyeluruh," terang Deru.

Sedang makna maju adalah perubahan berupa langkah dan gerak. Dari diam kemudian melangkah dapat disebut maju. Dari titik satu bergerak ke titik dua da seterusnya adalah maju.

Ia menjelaskan, Sumsel yang Maju adalah Sumsel yang berhasil mencapai tahap-tahap pembangunan yang digariskan. Tidak bisa lagi kemajuan hanya dinikmati atau dirasakan segelintir wilayah dan atau segilintir orang.

Gerak langkah menuju Sumsel sejahtera harus dibarengi niat bahwa wilayah Sumsel tidak hanya melulu satu dua kabupaten kota dan atau etnis saja melainkan semua wilayah tanpa terkecuali.

Percuma jika satu wilayah dianggap maju tetapi wilayah lain justru stag atau dianggap mundur. "Jadi Sumsel maju adalah tagline yang menggambarkan semangat, gerak aktif, tekad melangkah bahkan berlari menuju tujuan yang dirumuskan bersama," kata dia menerangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement