Selasa 09 Aug 2016 05:25 WIB

'Tim Independen Bisa Lebih Objektif Selidiki Testimoni Freddy Budiman'

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman.
Foto: Antara
Terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hajar menganggap pentingnya pembentukan tim independen untuk menelusuri laporan Koordinator Kontras Haris Azhar. Menurutnya tim tersebut juga bisa mensterilkan Kepolisian, BNN dan TNI dari oknum-oknum yang menyalahgunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi.

"Bisa mensterilkan Kepolisian, BNN dan TNI dari oknum-oknum dalam konteks pemberantasan Narkoba," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Senin (8/8).

Polri pun sebenarnya sudah memiliki tim internal dan eksternal untuk menelusuri munculnya testimoni Freddy Budiman yang dikemukakan Haris Azhar. Namun begitu, menurut Fickar, tim bentukan Polri tersebut belum cukup.

Selain aparat negara, menurutnya harus ada keterlibatan tokoh masyarakat dalam menyelediki pengakuan Freddy Budiman. Sehingga, hasil penyelidikan pun akan lebih objektif. "Sebenarnya filosofinya jangan jeruk makan jeruk. Maksudnya supaya (hasilnya) lebih objektif dan legitimasinya lebih kuat," ucapnya.

Sebelumnya, Haris Azhar mempublikasikan pengakuan Freddy Budiman dalam sebuah tulisan berjudul ‘cerita busuk dari seorang bandit’ yang ditulisnya di Facebook. Dalam tulisannya tersebut, Haris menceritakan pengakuan Freddy Budiman yang mengelontorkan uang miliaran ke BNN dan Mabes Polri untuk mengamankan bisnis Narkobanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement