Ahad 31 Jul 2016 12:43 WIB

KPU Yogya Luncurkan Maskot Pilkada untuk Jaring Pemilih

Rep: Yulianingsih/ Red: Nur Aini
Pilkada. Ilustrasi
Pilkada. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta secara resmi membuka tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Yogyakarta 2017. Hal itu dilakukan dengan meluncurkan maskot Pilkada Kota Yogyakarta 2017 melalui Semarak Pilkada Kota Yogya di Titik Nol Yogyakarta, Ahad (31/7).

Maskot Pilkada Kota Yogyakarta 2017 berupa Gunungan. Menurut Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto, maskot tersebut dipilih karena Gunungan melambangkan tahapan kehidupan yang diasumsikan sama seperti tahapan pilkada.

"Ujung yang lancip juga merepresentasikan bahwa Kota Yogyakarta sedang memilih pucuk pimpinannya," ujarnya.

Melalui maskot ini pihaknya akan mensosialisasikan tahapan Pilkada 2017 ke masyarakat. KPU juga menggandeng mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta sebagai relawan demokrasi.

Menurut Wawan, dalam Pilkda kali ini pihaknya menggandeng Universitas Kristen Duta Wacana dan Universitas Ahmad Dahlan untuk rekrutmen Relawan Demokrasi tersebut. Masing-masing universitas akan merekrut 135 mahasiswa untuk ikut jadi relawan.

Selain itu, pihaknya akan memaksimalkan kinerja Panitia Pemunguttan Suara (PPS) untuk melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat terkait tahapan Piilkada. Dengan begitu, KPU berani mentargetan bisa mendorong partisipasi masyarakat mencapai  67,5 persen atau lebih baik dibanding pilkada periode sebelumnya 64,5 persen.

"Meski begitu kita tetap berkomitmen untuk bekerja keras guna mewujudkan target nasional 77,5 persen partisipasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement