Kamis 28 Jul 2016 23:11 WIB

Lawatan Sejarah Nasional Resmi Ditutup di Nganjuk

Patung Jenderal Soedirman di Pacitan.
Foto: Republika/Prayogi
Patung Jenderal Soedirman di Pacitan.

REPUBLIKA.CO.ID, NGANJUK -- Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) XIV resmi ditutup oleh pjabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Museum Dr. Soetomo, Nganjuk, Jawa Timur.

Dalam kegiatan penutupan tersebut, Kasubdit Sejarah Nasional Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Amurwani Dwi Lestariningsih menyampaikan bahwa acara tersebut berjalan dengan baik dan direspon positif oleh peserta yang terdiri atas pelajar dan pengajar SMA/SMK atau setingkatnya.

"Diharapkan para peserta bisa menyampaikan apa yang sudah didapat selama lawatan kepada semua orang di sekitarnya," ujar Amurwani.

Sehubungan dengan hal tersebut, Lasenas tahun ini bertemakan "Satu Abad Jenderal Soedirman Mengukuhkan Karakter Bangsa" dan memiliki agenda utama menyusuri jalur perang gerilya yang dilakukan Jenderal Soedirman saat menghadapi agresi militer Belanda II.

Amurwani menjelaskan, kegiatan ini ingin memaparkan bahwa Jenderal Soedirman merupakan sosok yang patut dikagumi karena memiliki rasa empati tanggung jawab, rela berkorban dan pantang menyerah selama berjuang. "Selain itu beliau juga orang yang taat dalam beragama, tetap menjalankan perintah-Nya meskipun dalam kondisi perang," tuturnya menegaskan.

Dengan begitu, kata Amurwani melanjutkan, perpaduan antara perjalanan menyisir rute gerilya dan pemaparan sifay tauladan Jenderal Soedirman diharapkan bisa ditiru oleh para peserta dan menyebarkannya kepada orang lain.

Lasenas XIV juga difokuskan untuk mengunjungi tempat-tempat  bersejarah yang menjadi jalur gerilya Jenderal Soedirman serta bertemu dengan sejumlah tokoh yang terlibat langsung atau memiliki pengetahuan tentang tokoh besar nasional tersebut.

Objek lawatan yang dikunjungi di Yogyakarta dalam agenda tersebut antara lain Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman, Makam Jenderal Soedirman dan Museum Benteng Vredeburg.

Di Pacitan (Jawa Timur), lokasi yang telah dikunjungi sebagai obyek lawatan antara lain Museum Rumah Tinggal Jenderal Soedirman dan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sedangkan di Nganjuk (Jawa Timur), lokasi yang dikunjungi yaitu lokasi penyusunan strategi Jenderal Soedirman di Bajulan dan Museum tempat kelahiran Dr Soetomo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement