Rabu 27 Jul 2016 10:03 WIB

Ratusan Polisi Kawal Uji Coba Sistem Ganjil-Genap

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Karta Raharja Ucu
Papan informasi uji coba penerapan sistem lalu lintas plat Ganjil Genap terpampang di Jalan Underpas Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta, Senin (25/7).
Foto: Antara/Reno Esnir
Papan informasi uji coba penerapan sistem lalu lintas plat Ganjil Genap terpampang di Jalan Underpas Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta, Senin (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uji coba sistem ganjil genap di sejumlah jalan utama Jakarta mulai diberlakukan Rabu (27/7) ini. Polda Metro Jaya pun mengerahkan ratusan personel untuk mengawal pelaksanaan uji coba tersebut.

"Kami menyiagakan 200 personel di dalam kawasan yang menerapkan sistem ganjil genap," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, kepada Republika.co.id, Rabu (27/7).

Ia menuturkan, 200 personel tersebut disebar di sembilan titik pengawasan. Mulai dari monumen Patung Kuda di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat, hingga Perempatan CSW Jalan Sisingamangaraja di Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Selain itu, polisi juga ditempatkan sejak dari Perempatan Kuningan di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, hingga Jalan Gerbang Pemuda di Tanahabang Jakarta Pusat. Menurut Awi, penyebaran personel itu bertujuan untuk mengantisipasi adanya kendaraan bernomor pelat genap melintas di kawasan-kawasan tersebut pada hari ini.

Polda Metro Jaya, kata dia, akan memanfaatkan hari perdana ini sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat Ibu Kota. Dia berharap dalam beberapa waktu ke depan para pengguna jalan sudah bisa beradaptasi dengan sistem baru itu.

"Karena hari ini tanggal ganjil, maka kendaraan yang diperbolehkan melintas di kawasan-kawasan tersebut hanya kendaraan bernomor pelat ganjil," ucapnya.

(Baca Juga: Uji Coba Sistem Pelat Nomor Kendaraan Ganjil Genap Dimulai Hari Ini)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement