Jumat 22 Jul 2016 20:29 WIB

Pemkot Surakarta akan Gusur Rumah untuk Pembangunan RSUD

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi penggusuran
Ilustrasi penggusuran

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemkot Surakarta akan menggusur sejumlah rumah milik warga di kawasan Silir Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut tengah direncanakan untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah RSUD.

Menurut Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo ada empat rumah warga yang akan terkena penggusuran. Lantaran tanah yang ditempati di kawasan tersebut merupakan tanah Hak Pakai (HP) Pemkot Surkarta Nomor 54.  Tanah seluas 11 ribu meter persedi itu akan dibangun rumah sakit umum yang ditargetkan pelaksanaan pembangunannya tahun depan. Sebab itu kata dia warga yang menghuni empat rumah tersebut harus segera dipindahkan.

"Harus dipindahkan karena akan dibangun rumah sakit, tapi tentunya pemkot mempunyai solusi bagi warga," tutur Rudy pada Jumat (22/7).

Pemkot Surakarta saat ini mempunyai dua opsi yakni memberikan kompensasi atau warga direlokasi ke rumah susun. Terkait rencana pembangunan rumah sakit pun kata dia telah disosialisasikan pada warga. Diharapkan warga berkenan untuk pindah dan mendukung rencana pembangunan rumah sakit tersebut.

Sementara itu Rudy mengatakan untuk pembanunan rumah sakit itu akan ditanggung oleh Pemerintah Pusat. Pemkot Surakarta telah mengajukan anggaran untuk pembangunan sebesar Rp 100 miliar.

"Kami bersama dari Pemerintah Pusat sudah meninjau lokasi, anggaran pun sudah diajukan semoga bisa terlaksana," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement