Jumat 15 Jul 2016 06:14 WIB

Kereta Bandara akan Dibangun di Solo

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Kereta Bandara (Ilustrasi)
Foto: Antara
Kereta Bandara (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berencana membangun kereta bandara di Bandara Adi Soemarno, Surakarta, Jawa Tengah. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan sudah membahas proyek kereta bandara ini dengan Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Termasuk kereta Bandara Adi Soemarmo ke (Stasiun) Solo Balapan, sepanjang 10 Km," katanya usai bertemu Menteri Rini Soemarno di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/7).

Basuki menambahkan, proyek kereta bandara tersebut nantinya akan dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro membenarkan hal tersebut. Edi mengatakan, rencana pembangunan kereta bandara Adi Soemarmo sedang dikaji lebih lanjut dan dalam tahap feasibility study atau studi kelaikan.

"Kita bikin tim, kita studi, berapa biayanya, berapa lama pengerjaannya, karena lagi-lagi kan tergantung tanah. Kalau disetujui ada sekitar 1,5 km yang harus kita selesaikan. Kalau disetujui jalurnya lewat jalan tol," ungkapnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/7).

Edi memandang, kehadiran kereta bandara Adi Sumarmo mampu meringankan beban Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta. "Masih Feasibility Study supaya pembagian pesawat terbang Adi Soemarmo sama Adi Sucipto supaya tidak padat, sekarang ini kan padatnya lari ke Jogja," katanya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement