Kamis 14 Jul 2016 06:59 WIB

Kemenhub Nilai Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016 Menggembirakan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Angga Indrawan
 Arus balik lebaran sudah terlihat dengan ramainya Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (8/7), oleh pemudik yang kenbali dari kampung halaman. (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Arus balik lebaran sudah terlihat dengan ramainya Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (8/7), oleh pemudik yang kenbali dari kampung halaman. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan, pengawasan aspek keselamatan pada penyelenggaraan angkutan Lebaran di tahun 2016 secara umum menunjukan hasil yang menggembirakan. Berdasarkan data yang diperoleh sejauh ini, tingkat keselamatan relatif lebih baik untuk seluruh moda transportasi umum.

"Hasil tersebut tidak lepas dari kuasa Tuhan dan juga upaya dari seluruh jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan pelayanan bagi para penumpang. Khususnya pada arus mudik dan balik Lebaran kali ini," katanya, Rabu (13/7).

Upaya tersebut, ujar Sugiharjo, antara lain dengan melaksanakan uji kelaikan atau rampcheck pada seluruh moda transportasi yang menjadi kewenangan Kemenhub. "Lebaran tahun ini, kami melakukan rampcheck untuk seluruh moda, jadi bukan lagi sampling, melainkan keseluruhan."

Untuk melakukan rampcheck petugas dari Kemenhub diterjunkan ke lapangan dan bekerja tanpa mengenal libur, bahkan hingga saat ini. Hal ini semata-mata demi memastikan aspek keselamatan dan keamanan transportasi.

Terkait puas atau tidaknya jajaran Kemenhub dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini, Sugihardjo mengatakan, bukan kapasitas Kemenhub untuk menjawab puas atau tidak puas. "Kembali pada tugas dan fungsi kami untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, baik dilakukan sendiri sesuai tupoksi Kemenhub maupun bersinergi dengan instansi terkait," ujarnya.

Terkait hasil, lanjutnya, dikembalikan ke masyarakat untuk menilainya. Peningkatan keselamatan, kapasitas dan kualitas pelayanan transportasi umum merupakan fokus kerja Kemenhub dalam upaya menyediakan transportasi umum yang andal, selamat, aman, terjangkau dan nyaman di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement