Rabu 13 Jul 2016 20:46 WIB

Komjen Budi Gunawan Sebut Budaya Jadi Masalah Besar Polri

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda pangkat bintang empat kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian (kiri) saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/7).  (Antara/Yudhi Mahatma)
Foto: Antara/ Yudhi Mahatma
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda pangkat bintang empat kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian (kiri) saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/7). (Antara/Yudhi Mahatma)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan mengakui masalah kultur masih jadi pekerjaan rumah terbesar untuk melakukan reformasi total di tubuh Polri. Reformasi secara menyeluruh merupakan salah satu arahan Presiden Jokowi pada Polri yang kini dipimpin Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Kultur ini kan mengubah cara pikir orang, sehingga membutuhkan tahapan-tahapan," kata dia, usai menghadiri pelantikan Tito di Istana Negara, Rabu (13/7).

Untuk mendukung Tito dalam menjalankan instruksi Presiden, Budi mengatakan sudah ada 10 program prioritas yang akan dijalankan dalam waktu dekat. Dari 10 program tersebut, enam di antaranya adalah program untuk meningkatkan soliditas di internal Polri. Menjaga soliditas internal ini juga menjadi pekerjaan rumah khusus yang diberikan Jokowi ke Kapolri yang baru.

Tak hanya itu, sambung Budi, ada pula program 100 hari, program satu tahun bahkan program sampai lima tahun ke depan. Pogram-program tersebut akan menjadi acuan kebijakan pengembangan institusi Korps Bhayangkara tersebut ke depan.  "Program-program itu nanti akan diumumkan setelah commander wise Jumat nanti," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan dua pesan khusus untuk Tito Karnavian yang baru saja dilantik sebagai Kapolri baru. Presiden meminta Tito menjaga soliditas internal Polri dan melakukan reformasi secara menyeluruh di institusi tersebut.

Baca juga, Presiden Ajukan Tito Karnavian Sebagai Calon Kapolri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement