Senin 11 Jul 2016 11:08 WIB

Pengamat: Ada Motif Lain Dibalik Penculikan Tiga WNI

Penculikan
Penculikan

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Pengamat Hukum Internasional dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Dr DW Tadeus menduga ada motif lain dari kasus penyanderaan tiga warga negara Indonesia asal NTT oleh kelompok bersenjata di Lahad Datu, Malaysia.

"Ada hal yang janggal dalam kasus penculikan tiga warga NTT tersebut, karena hanya mereka berpaspor lengkap saja yang disandera, sementara sisanya lima nelayan lain dibiarkan bebas begitu saja karena tidak memiliki paspor," katanya kepada Antara di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan kasus penculikan yang dilakukan oleh sejumlah kelompok bersenjata kepada sejumlah nelayan yang sedang mencari ikan di perairan Malaysia.

Sebelumnya Chia Tong Lim kepada Kepolisian Negeri Sabah pada Ahad (10/7) sekitar pukul 04.17 waktu setempat melaporkan kasus penculikan tersebut.

Dalam laporannya, ia mengungkapkan sekitar pukul 12.00 waktu setempat kapal yang berisi WNI itu didatangi oleh sebuah "speedboat" atau kapal cepat berukuran panjang dengan lima orang penumpamg membwa senjata laras panjang.

Tidak lama kemudian, kata dia, tiga orang dari tujuh anak buah kapal (ABK) yang dipekerjakan langsung dibawa oleh kelompok bersenjata tersebut. Sedangkan empat lainny masing-masimh seorang WNI dan tig warga Filipina asal Suku Bajau Palauh dilepaskan begitu saja.

Tadeus mengatakan tentu saja ada motif lain dibalik penculikan tiga WNI asal NTT yang berpaspor tersebut. "Mereka juga pasti menginginkan sesuatu sehingga mereka sampai menahan warga kita yang memiliki paspor. Tidak mungkin warga yang tidak berpaspor akan disandera karena tentunya akan merugikan mereka," tambahnya.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah pusat harus memikirkan cara agar pembebasan sandera yang diculik dengan tidak merugikan kedua pihak dan tanpa mengeluarkan uang tebusan.

Terkait siapa kelompok bersenjata tersebut, Tadeus juga mengkhawatirkan itu merupakan kelompok Abu Sayyaf yang beberapa bulan lalu sempat menculik dan menyandera sejumlah WNI. "Kalau memang itu mereka, maka dikhawatirkan kelompok bersenjata tersebut telah memperluas wilayahnya sampai ke Malaysia," tuturnya.

Sementara itu dari informasi yang diterima dari Kementerian Luar Negeri tepat pukul 13.00 WIB hari ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan memberikan pernyataannya terkait kasus penculikan tiga warga NTT tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement