Senin 04 Jul 2016 23:13 WIB

Depok Sediakan Pos Pengaman Rumah Kosong Selama Musim Mudik

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Hindari meninggalkan rumah kosong dengan lampu menyala, karena hanya akan mengundang maling.
Foto: Wikimedia
Hindari meninggalkan rumah kosong dengan lampu menyala, karena hanya akan mengundang maling.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Polresta Depok menyediakan pos pengamanan dan penitipan rumah kosong (rumsong) yang tersebar di sebelas kecamatan Kota Depok. Pos pengamanan ini sekaligus menjawab kekhawatiran pemudik yang pergi ke kampung halaman. Setiap pos pengamanan rumsong bakal dijaga delapan personil polisi, yang dibantu anggota TNI.

"Rumah kosong yang ditinggalkan pemudik banyak dipetakan para pencuri. Makanya, kami buat pos pengamanan Rumsong Mudik Lebaran," ujar Kapolres Depok, Kombes, Harry Kurniawan di Mapolresta Depok, Senin (4/7).

Adapun beberapa kecamatan yang dianggap rawan pencurian rumsong seperti Kecamatan Cimanggis, Bojonggede, Tapos dan Beji. Dia mengatakan salah satu pos pengamanan Rumsong yang berada di Perumahan Jatijajar, sudah menerima 25 titipan dari pemudik. Di Perumahan Jatijajar, sudah ada 180 rumah yang ditinggal mudik.

"Setelah menerima laporan, polisi langsung melakukan pemetaan dan mendatangi rumah yang ditinggalkan mudik. Polisi setiap beberapa jam akan ada patroli ke rumah-rumah kosong, kata Harry.

Selain pos pengamanan rumsong, lanjut dia, pihaknya juga menyediakan tempat penitipan motor dan mobil. Penitipan motor ini bisa dilakukan dengan memarkirkan kendaraan di Polresta Depok hingga di kantor-kantor Polsek. "Silakan bagi masyarakat yang mudik menitipkan kendaraannya di kantor polisi," imbuh Harry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement