Sabtu 02 Jul 2016 22:43 WIB

Jalinsum Diserbu Pemudik Berkendaraan Pelat B

Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi).
Foto: Republika/Maspril Aries
Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan wilayah Provinsi Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Utara, dan Aceh, didominasi para pemudik berkendara mobil pribadi berpelat B atau asal Jakarta.

Menurut pantauan Antara, yang melintasi ruas Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpantim) Sumatra, kendaraan berpelat B atau asal Jakarta banyak terlihat sejak Jumat (1/7) hingga Sabtu (2/7). Jalinpantim yang menghubungkan pertigaan pertama setelah keluar Pelabuhan Bakauheni hingga Simpang Menggala, Provinsi Lampung, banyak di antara mobil-mobil pemudik itu membawa barang di rak atap kendaraan mereka.

Selain mobil-mobil pribadi bernomor polisi Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok, ada juga di antara para pemudik berkendaraan menuju daerah-daerah yang dilintasi Jalan Lintas Timur Sumatera itu yang berasal dari Bandung, Bogor, Karawang, Sumatra Barat, Bali dan Cirebon.

Sementara dari arah sebaliknya, mobil-mobil pribadi bernomor polisi Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan meluncur di ruas jalan lintas timur dari arah Sumatera Selatan menuju wilayah Lampung. Pos-pos pengamanan dan pelayanan bagi para pemudik yang melintasi Jalinpantim dan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera dibangun di kiri dan kanan jalan oleh apara kepolisian setempat. Di antara pos-pos pengamanan itu, ada yang melibatkan para siswa berpakaian Pramuka.

Untuk membantu para pemudik itu, papan-papan penunjuk arah mudah dijumpai di berbagai tempat, termasuk sebaran spanduk berisi imbauan kepada para pemudik agar senantiasa berhati-hati di jalan dan mengutamakan keselamatan diri mereka dan orang lain.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement