Ahad 26 Jun 2016 09:49 WIB

PMI Bandung Penuhi Stok Darah Lewat Masjid

Red: Nur Aini
 Stok darah di ruang penyimpanan darah PMI, ilustrasi
Stok darah di ruang penyimpanan darah PMI, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, selama Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah ini, terus memenuhi stok darah. Karena, saat ini stok darah yang ada di PMI belum ideal.  

Menurut Kabag Pelayanan Darah PMI Kota Bandung, Wahyu Suryawidjaja berdasarkan data pada Jumat (24/6) lalu jumlah stok darah yang ada di PMI Kota Bandung sebanyak 1.775 kantong darah. Rinciannya, 44 labu golongan darah A, golongan darah B sebanyak 599 labu, golongan darah O sebanyak 1.031 labu, dan 101 labu golongan darah AB.‬

‪"Memang idealnya atau standarnya ada 2.000 labu, tapi yang tersedia pertanggal 24 Juni 2016 hanya 1.775 kantong darah," ujar Wahyu kepada wartawan akhir pekan lalu.

Wahyu mengatakan, untuk mengisi stok darah selama bulan puasa, PMI Kota Bandung menggandeng berbagai pihak. Salah satunya, bekerja sama dengan beberapa masjid. PMI Kota Bandung, menyiapkan mobile unit untuk tranfusi darah. Jadi, jamaah masjid yang selesai tarawih, bisa mendonorkan darahnya.

"Selain dengan masjid, kami bekerja sama dengan 6 gereja dan Polres Bandung. Per hari, kami biasanya menargetkan 400 kantung darah," katanya.

Wahyu mengatakan, cara lain yang dilakukan untuk menjaga ketersediaan pasokan darah ialah dengan membuka pelayanan donor darah selama 24 jam di Kantor PMI Kota Bandung. Wahyu berharap, seluruh masyarakat Kota Bandung mau mendonorkan darahnya di Bulan Suci Ramadhan ini agar ketersediaan pasokan darah tetap terjaga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement