Kamis 09 Jun 2016 22:48 WIB

BMKG: Enam Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hingga Ahad

Rep: C36/ Red: Yudha Manggala P Putra
Hujan lebat (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hujan lebat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan terjadinya hujan lebat yang akan mengguyur enam wilayah Indonesia pada tiga hari mendatang. Petir dan angin puting beliung diprediksi berpotensi terjadi selama hujan berlangsung.

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG, Kamis (9/6), hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi sejak Jumat-Ahad (10-12/6). Enam daerah yang terimbas hujan adalah Lampung, Sulawesi selatan, Papua, Kalimantan Barat, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut BMKG, hujan lebat dipengaruhi adanya belokan angin memanjang di sebelah selat Makassar hingga Papua. Selain itu, kelembapan udara terjadi di  wilayah Sumatera,Kalimantan,Jawa bagian Barat dan Tengah, Sulawesi dan Papua. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Sementara itu, berdasarkan informasi BMKG, cuaca di Indonesia mayoritas cerah berawan pada Jumat (10/6). Hujan ringan hingga hujan sedang tetap berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Suhu udara maksimum pada Jumat siang diperkirakan mencapai 35 derajad celcius. Suhu udara maksimum malam hari berkisar antara 23 derajad celcius - 24 derajad celcius.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement