Selasa 07 Jun 2016 20:55 WIB

BPBD Kota Bogor Antisipasi Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Hazliansyah
 Sejumlah petugas memotong pohon yang tumbang di Jalan Riau, Kota Bandung, Senin (21/9).    (foto : Septianjar Muharam)
Sejumlah petugas memotong pohon yang tumbang di Jalan Riau, Kota Bandung, Senin (21/9). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melakukan upaya pencegahan terjadinya pohon tumbang menyusul tinginya curah hujan disertai angin kencang di Kota Bogor selama beberapa waktu terakhir.

"BPBD Kota Bogor akan rutin memantau dan memangkas pohon-pohon untuk mengurangi bebannya," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Gandjar Gunawan, Selasa (7/6).

Dengan pemangkasan akan mengurangi beban pohon sehingga efek dari pohon tumbang saat angin kencang melanda akan lebih kecil.

Sebelumnya tujuh pohon tumbang pada Senin (6/6) kemarin akibat juan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor sejak siang hari.

Tujuh pohon tumbang tersebut masing-masing di depan Kampus IPB Baranangsiang, di Jalan Pajajaran RT 03/04, di depan show room mobil Jalan Pajajaran, di depan SMK PGRI 2, Jalan Galunggung RT 03/04 Taman Kencana, di depan Kantor Balitnak, dan di Villa Indah Pajajaran RT 05/06 Kota Bogor.

"Puluhan personel BPBD Kota Bogor dikerahkan untuk menangani pohon tumbang kemarin, dibantu juga dengan dinas lain," jelas Gandjar.

Tumbangnya pohon-pohon kemarin (6/6), kata Gandjar, akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor sejak siang hari.

"Kami mengakui sempat kewalahan lantaran banyaknya lokasi kejadian dan tersebarnya titik pohon tumbang di waktu yang hampir bersamaan," ungkap Gandjar.

Namun dengan kesiapan dan terlatihnya personel BPBD Kota Bogor membuat kejadian tersebut bisa segera tertangani dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement