Jumat 03 Jun 2016 08:19 WIB

KNPI DKI: Pancasila Ideologi yang tak Tergantikan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bayu Hermawan
Pancasila
Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) DKI Jakarta menegaskan Pancasila merupakan ideologi yang tidak tergantikan bagi bangsa Indonesia. Sebab Pancasila merupakan rangkuman atau kompendium dari nilai-nilai luhur nusantara yang perlu dijaga.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah, apalagi nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang dicetuskan oleh Presiden pertama RI Bung Karno," ujar Ketua DPD KNPI DKI Jakarta Gusti Arief.

Arief melanjutkan, Pancasila adalah ideologi bangsa dan dasar negara merupakan roh serta jiwa dari bangsa Indonesia. Sebagai ideologi bangsa Indonesia sudah sepatutnya nilai-nilai Pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

KNPI pun menyambut niat baik pemerintah yang hendak menjadikan Hari Lahir Pancasila 1 Juni sebagai hari libur nasional. Wakil Bendahara KNPI Jakarta Firdaus Djalil mengatakan sudah seyogyanya ideologi bangsa tersebut selalu diamalkan.

"Kita kawal dan sudah  sepatutnya Hari lahir Pancasila ini kita muliakan dengan menetapkannya sebagai Hari libur nasional," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 1 Juni sebagai hari libur yang berlaku secara nasional.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam sambutannya di acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement