Rabu 01 Jun 2016 22:59 WIB

Aher: Nilai Pancasila Harus Hadir dalam Regulasi Pemerintahan

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Dede Lukman Hakim
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan Pancasila adalah bukti landasan kuat bagi bangsa Indonesia. Banyak tantangan ke depan bagi Indonesia yang bisa dijawab dengan Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dirayakan setiap 1 Juni bukan hanya sebatas upacara resmi. Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan salah satu tantangan besar dalam memperingati Hari Pancasila adalah mengimplementasikan nilainya dalam regulasi pemerintahan.

"Tantangan selanjunya bagi generasi yang mengisi bangsa ini adalah menghadirkan nilai Pancasila dalam setiap regulasi yang mengatur pemerintahan," katanya dalam pidatonya pada puncak perayaan peringatan Hari Lahir Pancasila dan Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6).

Ia menilai kandungan dalam Pancasila adalah nilai-nilai luhur dalam berkehidupan dan bernegara. Mulai segi politik, ekonomi, sosial hingga agama. Karenanya, ujar dia, Pancasila hendaklah menjadi spirit pembangunan pemerintahan. Dengab begitu, ia menilai Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan maju dalam menghadapi tantangan global.

"Eksistensi Indonesia tidak akan terombang-ambing dengan perubahan global yang terjadi saat ini," ujarnya.

Tak hanya pemerintahan, ia mengajak masyarakat Indonesia untuk berkomitmen menegakkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penuh tanggung jawab dan mengimbangi perubahan yang ada.

"Semoga nilai yang terkandung diwujudkan dalam prinsip bermasyarakat dan bernegara untuk kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai," katanya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement