Ahad 22 May 2016 20:14 WIB

Wali Kota Negara Bagian AS Sebut Taman Purwakarta Berkelas Dunia

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta. (Foto: Yogi Ardhi/Republika)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta. (Foto: Yogi Ardhi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Mayor of South Windsor negara bagian Connecticut Amerika Serikat, Saud Anwar, berkunjung ke Kabupaten Purwakarta. Pejabat setingkat bupati/wali kota ini, diterima langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Kedua pejabat beda benua ini, bertukar pikiran mengenai kebijakan di wilayah masing-masing.

Walikota South Windsor, Saud Anwar, mengakui sangat mengagumi keindahan taman-taman di lingkungan Pemkab Purwakarta. Walikota muslim pertama di negara adidaya itu, memuji tata pembangunan yang telah sukses diterapkan di kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini.

"Taman di Purwakarta sudah berkelas dunia. Bahkan, mengalahkan taman di Jepang," ujarnya, Ahad (22/5).

Saud pun terpana dengan kebersihan taman kota yang ada di Purwakarta. Termasuk, keramahan masyarakat yang selalu menebar senyum saat dia berkeliling Taman Pancawarna dan Taman Maya Datar.

Tak hanya itu, kekaguman Saud bukan hanya pada arsitektur yang menjadi ciri khas taman ini. Tetapi, lebih pada kebersihan taman tersebut. Baginya, selain indah kedua taman itu juga tampak bersih dan apik.

Selain itu, Walikota South Windsor Amerika Serikat tersebut, tertarik untuk menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan Purwakarta. Salah satunya, mengenai penataan ruang terbuka hijau (taman) serta penyerapan anggaran.

Mengingat, Purwakarta memiliki APBD yang relatif kecil. Yakni, sekitar Rp 2,4 triliun. Namun, mampu melakukan percepatan pembangunan infrastruktur yang apik.

"Di Amerika, saya akan sering sakit kepala kalau hanya memegang anggaran sedikit," ujarnya.

 

Saud menceritakan, perbandingan anggaran yang sangat jauh berbeda itu. Di South Windsor, dia memiliki anggaran sekira Rp14 Triliun dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu jiwa. 100 ribu di antaranya beragama Islam.

Sedangkan, Kabupaten Purwakarta hanya memiliki anggaran Rp 2,4 Triliun dengan jumlah penduduk sekitar satu juta jiwa. Akan tetapi, pembangunan infrastrukturnya sangat luar biasa.

"Selain itu, kami juga tertarik kerja sama di bidang pertanian dan peternakan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement