Jumat 20 May 2016 22:05 WIB
Penggusuran Bantaran Ciliwung

Politikus PKS: Ahok Jangan Grasak-Grusuk Terapkan Kebijakan

Cagub dari PKS berbicara dengan warga
Cagub dari PKS berbicara dengan warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PKS Muhamad Idrus meminta agar penertiban hunian warga di sekitar bantaran Kali Ciliwung dilakukan secara manusiawi. Ia menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mau turun ke lapangan dan mendengar aspirasi warga.

"Ahok sebagai gubernur DKI yang memprogramkan memindahkan 50 ribu keluarga sekitar Kali Ciliwung harus datang ke lokasi. Bicaralah dari hati ke hati, sambil silaturahmi paparkan kebijakan yang akan diterapkan, sehingga warga paham," ujarnya.

Bakal Cagub DKI Jakarta itu melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta seharusnya bisa belajar dari penggusuran yang telah dilakukan sebelumnya. Sebab banyak penertiban permukiman warga yang mendapat perlawan dan penolakan seperti di Pasar Ikan Penjaringan.

"Penertiban apapun jangan menggunakan pendekatan kekuasaan. Kedepankan langkah persuasif," ujar Cagub yang mengusung jargon #JakartaKEREN itu.

Idrus menambahkan, selain itu semua program yang akan diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta sebaiknya dikomunikasika dengan DPRD DKI Jakarta. Karena dengan langkah ini, DPRD yang merupakan wakil rakyat bisa ikut membantu mensosialisasikan rencana penggusuran hunian warga.

"Jangan grusak-grusuk menerapkan kebijakan," tegasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta berencana untuk melakukan penertiban permukiman di sekitar Kali Ciliwung, sebagai program normalisasi kali Ciliwung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement