Rabu 09 Oct 2024 18:59 WIB

Bikin Program ke Vatikan dan Yerusalem, Ridwan Kamil Janji Adil ke Semua Agama

Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan aspirasi kemudahan rumah ibadah.

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, M Ridwan Kamil saat meninjau tanggul laut Jakarta di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2024).
Foto: Antara/HO-Tim Pemenangan Rido
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, M Ridwan Kamil saat meninjau tanggul laut Jakarta di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Gubernur Jakarta nomor urut satu  Ridwan Kamil berjanji akan berlaku adil melayani semua golongan agama. Ridwan Kamil menekankan akan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dalam Pancasila.

Hal tersebut ditegaskan Ridwan Kamil merespons kabar yang menyebutkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono (Rido) hanya menghadirkan program untuk satu agama tertentu saja melalui program Maghrib Mengaji.

"Saya ingin menyampaikan klarifikasi, seolah-olah gara-gara kami yang menyebutkan Maghrib Mengaji, seolah-olah Jakarta diproklamasikan menjadi wilayah satu agama. Saya sampaikan itu adalah tidak betul, itu adalah tidak benar," kata RK seperti dikutip dari Instagram Ridwan Kamil yakni @ridwankamil, Selasa (8/10/2024).

Ridwan Kamil pun mengajak semua pihak untuk mewaspadai berita bohong atau hoaks di masa Pilkada seperti saat ini. Eks Gubernur Jawa Barat itu menegaskan sebagai bagian dari Indonesia yang berpegang teguh pada Pancasila, maka Jakarta pun perlu menjunjung tinggi nilai keadilan. Ridwan Kamil lantas menegaskan akan melayani warga dengan adil jika terpilih di Pilkada Jakarta. "Melayani dengan adil semua golongan agama," ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebut pasangan Rido akan adil untuk memberikan pelayanan agama supaya umat agama lain dapat berangkat ke tanah suci seperti umat Katolik ke Vatikan, Yerusalem dan sebagainya. "Insya Allah difasilitasi," ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga akan memperjuangkan aspirasi kemudahan rumah ibadah seperti yang telah dilakukan di Bekasi, Bandung, dan di Bogor. Ridwan Kamil mencontohkan beberapa pengalamannya dalam memperjuangkan kemudahan rumah ibadah seperti penyelesaian gereja Yasmin (Bogor) hingga mendorong ekspresi di dalam kegiatan Cap Go Meh di berbagai tempat sebelum Jakarta.

"Juga kami bantu pembangunan gereja, kami bantu juga mensponsori kegiatan paduan suara Katolik dimana-mana. Itulah komitmen kami yang sudah kami buktikan, dan itulah komitmen yang sama yang kami lakukan di Jakarta, karena Jakarta adalah Indonesia dan Indonesia adalah Pancasila," ujar Ridwan Kamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement