Rabu 11 May 2016 06:50 WIB

Kenang Yuyun, Iluni Gelar 40 Puisi Malam untuk Adinda

Red: M Akbar
Tagar #NyalaUntukYuyun yang sempat meramaikan Twitter terkait dengan seorang siswi SMP, Yuyun yang tewas karena diperkosa
Foto: Twitter
Tagar #NyalaUntukYuyun yang sempat meramaikan Twitter terkait dengan seorang siswi SMP, Yuyun yang tewas karena diperkosa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tragedi pemerkosaan yang menimpa Yuyun di Rejang Lebong, Bengkulu, terus mendapat mendapat perhatian banyak pihak. Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) dan Iluni Pascasarjana UI akan menggelar acara bertajuk 40 Puisi Malam Untuk Adinda di Teater Kolam, FISIP UI, Depok, Rabu (11/5) malam.

Puisi-puisi dari budayawan kondang Sapardi Djoko Pramono akan dibawakan dalam acara yang dimulai pukul 19:00 WIB itu. Sederet nama beken akan membacakan puisi karya Sapardi.

Di antaranya ialah Chandra Motik Yusuf, Ida Ruwaida Noor, Maria Zuraida dan Romo Benny Susteyo. Selain itu, pesohor seperti Niniek L Karim dan Ine Febriyanti juga akan ambil bagian dalam acara itu.

''Waktu tak pernah melambat dan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi terus berjalan bersama kita di tengah kehidupan yang berubah begitu cepat. Namun sudah waktunya kita kembali berkhidmat untuk merenungkan peristiwa kemanusian yang begitu mengerikan di negeri kita tercinta,'' kata Ketua Panitia, Rudy Sumarwono.

Acara itu juga akan diramaikan choir Sanggar Anak Harapan, Tanah Merah, Tanjung Priok. Pria yang akrab disapa Rugos itu mengatakan, pihaknya tak bisa berdiam diri melihat tragedi yang dialami Yuyun.

Kejadian yang menimpa Yuyun seolah menegaskan bahwa predator seksual anak masih berkeliaran bebas di tengah masyarakat. ''Kita mungkin terlanjur tidak mampu mencegah. Tapi sudah waktunya kita menundukkan kepala,'' kata Rugos.

Panitia nantinya mendapatkan lilin dan pin yellow black ribbon. Itu merupakan wujud duka dan dukungan pada Yuyun. Tak hanya itu, nantinya juga akan dilakukan penggalangan dana yang akan diberikan pada keluarga Yuyun.

''Saya bersama Iluni UI dan Iluni Pascasarjana UI mengajak seluruh sahabat alumni dan civitas akademika UI menghadiri dan berpatisipasi dalam renungan malam. Sekaligus penghimpunan dana yang akan disalurkan pada keluarga korban,'' kata Rugos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement