Senin 09 May 2016 06:22 WIB

120 Titik Evakuasi Tsunami Disiapkan

tsunami/ilustrasi
tsunami/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung menyiapkan sebanyak 120 titik evakuasi bahaya tsunami yang tersebar di 10 kecamatan.

"Kami sangat menyadari adanya potensi besar kemungkinan terjadi bencana tsunami di daerah ini, apalagi berdasarkan informasi BMKG, Pesisir Barat merupakan wilayah yang menjadi perlintasan gempa bumi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat Hasnul Abrar, Ahad (9/5).

Menurut dia, sepanjang 210 kilometer wilayah Kabupaten Pesisir Barat diikuti oleh garis pantai, sehingga kemungkinan akan adanya bahaya tsunami sangat besar.

"Atas dasar itulah, kami melakukan antisipasi dengan menyiapkan pusat-pusat evakuasi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat saat terjadi bencana tersebut. Sebanyak 120 titik evakuasi ini tersebar di 10 kecamatan dengan ketinggian rata-rata 40 meter di atas permukaan laut," kata Abrar.

Idealnya, ia melanjutkan, tempat evakuasi bencana tsunami adalah 70 meter di atas permukaan laut, namun karena rata-rata ketinggian di daerah itu hanya 40 meter yang sudah masuk dalam kategori aman sehingga dapat dijadikan sarana evakuasi.

"Ketinggian itu sudah cukup aman sebagai tempat evakuasi, sehingga kami tepat mempergunakannya. Hanya saja satu daerah yaitu Pulau Pisang tidak memiliki sarana evakuasi tsunami tersebut," kata dia pula.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement