Rabu 04 May 2016 14:55 WIB

SMP Binaan RZ Gelar Sosialisasi HIV/AIDS

SMP Juara, Binaan Rumah Zakat (RZ) Pekanbaru melakukan sosialisasi penyakit HIV/AIDS, Rabu (4/5)
SMP Juara, Binaan Rumah Zakat (RZ) Pekanbaru melakukan sosialisasi penyakit HIV/AIDS, Rabu (4/5)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--SMP Juara Pekanbaru binaan RZ (Rumah Zakat) bekerjasama dengan Puskesmas Bukit Raya Pekanbaru menggelar sosialisasi penyakit HIV/AIDS. Acara yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini diikuti oleh 45 orang dari kelas IX.

“Kegiatan yang merupakan bagian dari sosialisasi pendidikan kesehatan ini dimaksudkan agar para siswa mengenali penyakit HIV/AIDS sejak dini. Jangan sampai karena ketidaktahuan, menjadi salah satu penyebab banyak anak generasi muda yang mengalaminya. Sehingga diharapkan para siswa ini mengisi kesehariannya dengan hal-hal yang positif untuk kebaikan hidup dan masa depannya,” papar Mardiansyah, Guru Kelas IX SMP Juara Pekanbaru, dalam siaran pers RZ  yang diterima Republika, Rabu (4/5).

Dalam pemaparannya Yunidar, pemateri dari puskesmas, menjelaskan bahwa HIV/AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, disebabkan oleh pergaulan bebas. “HIV/AIDS dapat ditularkan melalui transfusi darah, penggunaan alat suntik secara bergantian, seks bebas/pranikah. Maraknya LGBT dan pergaulan bebas remaja menjadi salah satu faktor tersebarnya penyakit ini sehingga dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan,” tutur Yunidar.

Debby Maulina, salah satu siswa mengungkapkan kesannya setelah menyimak materi pendidikan kesehatan yang disampaikan. Ia semakin tersadarkan harus lebih menjaga diri. “Sebagai seorang remaja, hendaknya saya beserta teman-teman yang lain harus selektif dalam memilih pergaulan, menghindari pergaulan bebas dan menjauhi LGBT yang sedang marak,” ujarnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement