Sabtu 30 Apr 2016 16:42 WIB

Pesona Pulau Pasir Putih Jadi Destinasi Pariwisata

Ilustrasi.
Foto: Antara
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin mengatakan pesona pulau pasir putih dan keelokan alam di sekitar Meko, Pulau Adonara akan ditetapkan menjadi salah satu destinasi pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

"Pada saat penyelenggaraan Tour de Flores pertengahan Mei 2016, saya akan promosikan pesona objek wisata tersebut kepada para peserta agar lebih banyak lagi dikunjungi wisatawan mancanegara," katanya kepada Antara di Kupang, Sabtu (30/4).

Ia mengakui bahwa objek wisata di kawasan Meko di wilayah Desa Pledo, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara belum banyak dikunjungi wisatawan asing, karena belum mendapat promosi yang luas sebagai salah satu destinasi pariwisata di NTT.

Menurut dia, momentum "Tour de Flores" merupakan saat yang tepat untuk mempromosikan kawasan wisata pulau pasir putih dan keelokan alam di sekitarnya kepada wisatawan.

"Lewat para peserta Tour de Flores yang datang dari berbagai negara itu, promosi terhadap objek wisata di Flores Timur akan lebih mengena," ujarnya.

Menurut dia, objek wisata pulau pasir putih dan pesona alam di sekitarnya, sudah ditetapkan Dinas Pariwisata Flores Timur sebagai salah satu destinasi pariwisata di ujung timur Pulau Flores itu.

Ia mengatakan pihak sudah menyiapkan fasilitas penyeberangan berupa kapal bagi para peserta "Tour de Flores" untuk berkunjung ke pulau pasir putih serta keelokan alam di sekitarnya di kawasan Meko.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flores Timur Andreas Ratu Kedang, secara terpisah mengakui, pemerintah ingin memperkenalkan destinasi wisata kepulauan Meko tersebut kepada wisatawan asing melalui peserta "Tour de Flores" tersebut.

"Selama ini, kita abaikan tetapi ternyata selama bertahun-tahun ini, banyak wisatawan peserta lomba kapal layar yang menghabiskan waktu berminggu-minggu di pulau itu," katanya.

Artinya, kata dia, ada sesuatu yang unik disana dan digemari wisatawan asing, sehingga pemerintah akan memberikan perhatian khusus pada destinasi ini pada acara Tour de Flores.

Pulau pasir putih di kawasan Meko tersebut dikelilingi taman laut yang indah dengan batu karang yang alami, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang gemar menyelam.

Untuk menjangkau pulau ini dari ibukota Kabupaten Flores Timur, bisa menggunakan jalur darat setelah menyeberang ke Pulau Adonara melalui jalur pendek selama 10 menit. Bisa juga menggunakan kapal laut dengan waktu perjalanan selama kurang lebih satu jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement