Kamis 28 Apr 2016 00:57 WIB

Golkar Dinilai Perlu Serap Aspirasi Masyarakat Jika Mau Menang Pemilu

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nur Aini
Bendera Partai Golkar.
Foto: dok. Republika/Aditya Pradana Putra
Bendera Partai Golkar.

REPUBLIKA.CO.ID,AMBON -- Politisi Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partai yang bisa bersaing ke depan adalah partai yang mampu menyerap aspirasi masyarakat. Karena itu, Golkar harus dapat melakukan hal tersebut kalau ingin memenangi pemilu 2019.

"Saya punya program menyerap dan mendorong aspirasi masyarakat. Ini akan dikonversi menjadi kemenangan Golkar," kata Airlangga, saat bersilaturahmi dengan  seluruh pengurus Golkar se-Provinsi Maluku, Rabu (27/4).

Bakal calon ketua umum DPP Partai Golkar itu menyatakan, hal tersebut perlu dilakukan mengingat kondisi zaman yang telah berubah. Hal itu terbukti, opini masyarakat saat ini sangat berperan menentukan kebijakan pemerintah. Apalagi hal tersebut berkaitan dengan kepentingan masyarakat.

"Kalau dulu, itu top down. Ketika pemerintah berbicara, maka rakyat bulat-bulat menerimanya. Tapi sekarang situasi berbeda. Informasi yang disampaikan pemerintah, itu masyarakat bisa berkomentar di media-media sosial," ujarnya.

Komentar-komentar dari masyarakat tersebut, kata Airlangga, bahkan mampu menjadi opini baru. Karena itu artinya, informasi saat ini tidak lagi searah, namun dua arah.

Demikian juga parpol, kalau tak bisa menyerap aspirasi masyrakat, maka akan ditinggalkan. Golkar harus mampu menyerap dinamika yang berkembang kalau mau memenangi pilkada 2019.

''Aspirasi kalau mampu diserap, akan berubah menjadi partisipasi," ujar Airlangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement