Kamis 21 Apr 2016 14:58 WIB

Mensos: Kartini Ajarkan Perempuan Mandiri

Kartini
Foto: gojepara.com
Kartini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pahlawan nasional RA Kartini mengajarkan kaum perempuan tentang kemandirian.

"Kartini begitu peduli pada rakyat kecil terutama kaum perempuan supaya mereka melek aksara, supaya mereka mandiri Kartini mengajarkan membatik," kata Mensos usai pelantikan Pejabat Eselon IV dan V di jajaran Kementerian Sosial di Jakarta, Kamis (21/4).

Bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, Mensos menyampaikan bahwa Kartini bukan hanya mengajarkan perempuan bisa membaca dan menulis tapi juga mandiri secara ekonomi maka sudah diajari mereka membatik. "Sebetulnya kita ini melakukan 'recycling' dari perjuangan RA Kartini yang memang harus kita teruskan. Revitalisasi dari seluruh perjuangan itulah yang seharusnya menjadi referensi dari kehidupan kita bukan hanya perempuan tapi juga laki-laki," tambah dia.

Dia mengingatkan agar peringatan Hari Kartini jangan hanya seremonial belaka. Melainkan dimaknai membangun kepedulian terutama kepada rakyat kecil dan bagaimana para perempuan bisa mandiri secara ekonomi. Hari Kartini diperingati setiap 21 April 2016 guna mengenang jasa Kartini yang telah membawa kaum perempuan pada kesetaraan.

Pada kesempatan itu, sebanyak 198 Eselon IV Kemensos dilantik di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial. Para pejabat tersebut telah menjalani uji kompetensi dan dinilai loyalitas, dedikasi, prestasi dan tidak tercela sehingga dianggap pantas menjabat jabatan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement